Minggu, 26 Desember 2010

Mengenal Lebih Dekat Golf (1)

 Sekilas Golf

Golf merupakan olahraga yang dimainkan dengan menggunaan sebuah tongkat pemukul (klab) dan sebuah bola golf. Permainan ini bertujuan memasukan bola menuju hole yang berada di atas green dengan jumlah pukulan sesedikit mungkin. Golf sendiri dimainkan di atas sebuah area yang biasa dinamakan dengan golf course atau bisa dibilang lapangan golf. Area ini umumnya memiliki 18 hole atay 18 lubang untuk dimainkan.
Masing-masing lubang atau "hole " memiliki panjang, rancangan, serta tantangan yang sangat berbeda satu sama lainnya. Sebuah turnamen golf biasanya dimainkan untuk mencari pemain yang menghasilkan jumlah pukulan terendah dan biasa dinamakan dengan stroke play.
Struktur lapangan
Sebuah lapangan golf terdiri dari rangkaian hole-hole, masing-masing dilengkapi dengan area tee-box ( istilah lazim jurnalisme) atau teeing ground (istilah dalam rules of golf) yang ditandai dengan dua marker di samping area tee-box. Dari tee-box, para pemain akan diharuskan memukul ke area tengah lapangan yang dinamakan dengan fairway.

Area ini biasanya dilengkapi dengan rintangan di sisi kiri, kanan bahkan  di tengah dengan rintangan-rintangan untuk meningkatkan kesulitan dalam sebuah hole. Rintangan yang ada bisa berupa rough (kolam, danau, air), hingga bunker (sebuah area rintangan pasir). Selain rintangan tersebut, tantangan yang lain adalah sebuah area OB (out of bounds) yang biasa ditempatkan di sisi kiri dan kanan batas lapangan sebagai area untuk menghukum kesalahan pukul pemain. Setelah fairway, para pemain akan memukul ke area yang dinamakan  dengan green, area target permainan yang dilengkapi dengan sebuah tiang bendera (pin) dan hole (cup).
Area green  ini ditandai dengan ketipisan rumput yang dengan fairway dan biasa memiliki kontur yang cukup pelik untuk dimainkan di bagian terakhir permainan. Selain hal umum, ada juga istilah "dogleg" untuk menerangkan bentuk sebuah hole yang patah membelok tajam ke kiri atau kanan, biasa para pemain mengatakan, "hole dogleg kiri atau kanan."


Peralatan

Berdasarkan peraturan golf, para pemain diperbolehkan untuk membawa maksimal 14 klab dalam golf bag mereka. Biasanya set golf mereka akan terdiri dari satu buah dribver, satu bauh fairway wood, hibrid, long iron (nomor 3, 4, 5), mid iron (nomor 6,7), short iron (8,9), wedge (PW, SW, lob wedge dengan ukuran sudut kemiringan) dan putter.


Masing-masing dilengkapi dengan nomor yang menjadi penanda satu klab dengan klab lainnya, kecuali putter. Perbedaan nomor yang ada juga memberikan perbedaaan derajat kemiringan dari permukaan dinding face klab. Kemiringan permukaan tersebutlah yang akan memberikan perbedaan jarak terlepas dari perbedaan kekuatan dan teknik memukul masing-masing pemain.



Melakukan Penghitungan
Sebuah hole memiliki sebuah indikator yang dinamakan dengan par, sebuah angka yang menjadi patokan keahlian seorang pemain dalam menyelesaikan sebuah hole. Sebagai contoh, seorang pegolf yang memiliki kemampuan teknik yang baik akan mampu mencapai green di sebuah hole dengan indikator par 4 dengan melakukan dua stroke (dua pukulan), sebuah drive dari area tee-box ke fairway dan sebuah pukulan dari fairway ke green.  Sisa dua pukulan yang ada akan digunakan untuk menyelesaikan hole di area green dengan putting. Sebuah hole biasanya memiliki jenis par 3, par 4, dan par 5, terkadang (sangat jarang) memiliki par 6.
Hal yang menjadi patokan untuk menentukan  sebua hpar adalah panjang dari hole tersebut. Yang dihitung dari area tee-box menuju green. Sebuah par tiga biasanya memiliki panjangan kurang dari 225 meter, sebuah par empat biasanya memiliki jarak antara 225 hingga 434 meter. Par lima biasanya lebih panjang dari 435 meter. Kontur lapangan yang ada pun berkontribusi terhadap kesukaran lapangan. Selain kontur penempatan rintangan pun berperan dalam menentukan kesukaran yang ada. Secara umum, sebuah lapangan 18 hole akan terdiri dari empat hole yang memiliki par 3, 10 par 4 dan empar par 5. Jika dikombinasikan akan menghasilkan angka par 72. Meski demikian dalam kondisi turnamen seringkali digunakan par 71, bahkan 70.
Angka              Nama                    Definisi
-5                      Ostrich                  Lima pukulan di bawah par
-4                      Condor                 Empat pukulan di bawah par
-3                      Albatross              Tiga pukulan di bawah par
-2                      Eagle                     Dua pukulan di bawah par
-1                      Birdie                     Satu pukulan di bawah par
E                        Par                        Sama dengan par
+1                      Bogey                   Satu pukulan di atas par
+2                      Double Bogey       Dua pukulan di atas par
+3                      Triple bogey          Tiga pukulan di atas par
+4                       Quadruple bogey   Empat pukulan di atas par

Contoh :
Di sebuah hole satu par 3, seorang pemain membukukan angka 3, ia dianggap bermain dengan par atau sesuai dengan indikator hole yang ada. Jika ia membukukan angka empat ia dibilang menghasilkan bogey, dan seterusnya. Jika ia membukukan angka dua maka ia dibilang menghasilkan birdie. Namun jika ia menghasilkan satu pukulan dan langsung masuk ke lubang maka seorang pemain dianggap menghasilkan pukulan lima maka ia sudah dianggap menghasilkan bogey. Jika tiga ia dianggap menghasilkan birdie.

Tidak ada komentar: