Minggu, 02 Januari 2011

Resolusi = Harapan ?



Menjelang pergantian tahun 2010 kemarin saya acapkali mendengar orang-orang mengucapkan kata yang satu ini. Bahkan ketika melihat facebook dan twitter pun kata yang satu ini juga ada saja di dalam setiap kalimat yang ditulis teman-teman. Bahkan beberapa media cetakdan media elektronik pun pada awal tahun ini juga membahas kata ini.
Kata tersebut adalah resolusi. Ada yang bilang “ saya mempunyai resolusi 2011 adalah bla.bla.bla,” ada juga “ resolusi 2011 adalah mendapat suatu hal yang lebih baik dari tahun kemarin,” Dan masih banyak lagi kalimat dan kata-kata yang keluar.
Padahal sebelum akhir tahun tersebut sangat jarang mendengar kata tersebut. Saya pun langsung berfikir dengan cepat,” Arti dari kata resolusi tersebut adalah target kali,” ucapan dalam pikiran saya.
Karena penasaran, saya pun menyempatkan membuka dan melihat Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang telah lama tidak dibaca lagi. Ternyata setelah dibaca dalam kamus besar bahasa Indonesia dijelaskan bahwa resolusi itu arti adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyarawah, sidang) penyataan tertulisan, biasanya berupa tuntutan tentang suatu hal.
Lah kok jadi begini artinya ya. Menurut penafsiran saya dalam KBBI ini dijelaskan bahwa arti kata "resolusi" adalah suatu kesepakatan bersama dari sejumlah orang, organisasi, kongres hingga suatu negara terhadap pihak yang ada di luar mereka. Misalnya masyarakat Yogyakarta membuat resolusi untuk mendukung mati keisimewaan Yogyakarta dan Sri Sultan menjadi pemimpin mereka.

Selain itu di dalam situs wikipedia.org ( http://id.wikipedia.org/wiki/Resolusi_gambardefinisi ) resolusi juga bisa dimaknai sebagai suatu istilah yang dipakau untuk banyak hal yang berbeda dalam konteks pencitraan digital. Istilah resolusi dalam kamera digital berarti total spatial space seperti 640 x 480, 1052 x 768, 1280 x 1024. EFS-1 memiliki resolusi citra 1280 x 1024. di sini resolusi spasial berarti jumlah pixel mendatar (kolom) kali jumlah pixel tegak baris (baris) dari suatu citra. Dalam konteks ini resolusi adalah ukuran ketajaman citra.

So, kalau dimasukan ke dalam kalimat atau ucapan yang sebenarnya ingin memuat arti kaya kata target, janji atau komitmen, yang selama ini diucapkan dan ditulis kayanya kurang tepat ya.
Pas inget-inget sejenak, langsung deh saya inget bahwa kata resolusi ini kan sebenarnya kata serapan dari bahasa Inggris yaitu kata resolution. So, saya sempatkan aja deh untuk buka kamus Inggris versi Oxford yang sangat amat jarang dibaca (kalau ga kepepet-red). Memang ada beberapa arti dari kata resolution. Salah satu adalah : something one makes up one's mind to do : her resolution never to marry...
Oh berarti kata-kata resolusi yang selama ini dimaksudkan adalah mengandung arti sesuai dengan arti bahasa inggris toh. Karena ini kata serapan sah-sah saja sih memasukan kata resolusi ini ke dalam kalimat yang mengandung arti harapan, target.
Namun kalau dilihat dari arti sebenarnya setelah menjadi kata bahasa indonesia, sesuai dengan rujukan adalah KBBI, kayanya ga cocok untuk dipakai kata tersebut (karena artinya adalah tuntutan kepada pihak lain-red). Sekarang tinggal pilih saja mau menggunakan yang mana. Cuma harus diperhatikan kepantasannya juga.

Yang terpenting pada akhir tahun maupun awal tahun ini kita sudah memiliki impian, rencana, harapan, dan target yang ingin dicapai. Tentu saja dengan memperhatikan langkah yang harus ditempuh supaya semuanya bisa tercapai. Dan yang tidak kalah penting bersamaan dengan itu adalah berdoa dan berharap kepada Sang Pengatur jagat raya sekaligus Sang pencipta alam semesta dan seisinya yaitu Allah Azza wa Jalla.



Tidak ada komentar: