Senin, 10 Januari 2011

Menikmati Delima Rasakan Banyak Manfaatnya



Para peneliti di Universitas California sedang mengidentifikasi komponen dalam buah delima bisa menghambat pergerakan sel-sel kanker khususnya untuk yang menderita kanker prostat. Dengan adanya penelitian ini tentu saja menambah rentetan manfaat dari buah delima. 

Buah delima adalah salah satu buah yang dengan gamblang tertulis dalam kitab suci umat Islam (Al-Qur'an). Khasiatnya pun sejak dahulu kala telah diketahui oleh banyak orang. Begitu berkhasiatnya buah ini menjadi salah satu penyebab delima bisa ditemukan di berbagai negara sekarang ini.
Bagi saudara kita yang keturunan Cina, buah delima merupakan salah satu buah wajib dalam menyambut Tahun Baru Imlek. Mereka percaya bahwa bijinya yang banyak merupakan simbol rejeki yang berlimpah. Dan di Indonesia sendiri buah delima merah sering ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias sekaligus untuk dimakan. 
Dipelbagai hasil penelitian menyebutkan buah delima ternyata mengandung zat-zat yang menyehatkan dan mampu mencegah segala macam penyakit. Sebagai contoh, jus delima dapat membantu membersihkan mulut dan gigi, serta mencegah infeksi sehingga membantu menghilangkan bau mulut tak sedap. Sedangkan, dengan memakan buah delima dapat menjernihkan suara yang serak dan menghindarkan dari kekeringan tenggorokan.

Jus delima pun ternyata mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak dibanding red wine atau bahkan teh hijau. Jus delima juga efektif untuk menjaga jantung supaya tetap sehat dan menurunkan risiko penyakit jantung, stroke. dapat mencegah dan memperlambat efek penyakit Alzheimer, menurunkan tekanan darah, menjaga agar arteri tidak tersumbat oleh penumpukan plak, dan mencegah kerusakan tulang rawan.

Begitu banyaknya manfaat yang ada dalam kandungan buah delima ini juga dilirik oleh industri. Buktinya buah delima acapkali dijadikan salah satu bahan yang digunakan dihampir semua produk perawatan kulit dan kecantikan. Coba deh sesekali untuk melihat ingridient produk yang Anda beli seperti body lotion, pelembap, ataupun body wash pasti ada yang mengandung buah delima.



Penelitian terakhir yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas California menjelaskan bahwa komponen yang ada di buah delima terdekteksi mampu mencegah pergerakan sel kanker khususnya kanker prostat. Kini mereka tengah melakukan penelitian lebih lanjut. Dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa menjadi alternatif baru bagi para penderita kanker prostat yang memang hanya diderita oleh para pria ini.

Mari galakan makan buah delima maupun meminum jus delima untuk menjaga kesehatan kita !!!


Tidak ada komentar: